Latihan soal uas geografi sma kelas X semester gasal


download 113.57 Kb.
jenengLatihan soal uas geografi sma kelas X semester gasal
KoleksiDokumen
a.kabeh-ngerti.com > Geografi > Dokumen
LATIHAN SOAL UAS GEOGRAFI SMA KELAS X SEMESTER GASAL

2014-2015


  1. Geografi adalah ilmu yang menjelaskan persamaan dan perbedaan fenomena geosfer dengan sudut pandang kewilayahan, kelingkungan dalam konteks keruangan. Pengertian tersebut menurut...

a.       Ullman

b.       Paul Claval

c.        R. Bintarto

d.       Alexander

e.        Ikatan Geografi Indonesia (IGI)
pembahasan:

Pengertian Menurut Para Ahli
Konsep geografi telah ada sejak zaman dahulu kala. Bangsa Yunani Kuno telah berusaha mendokumentasikan berbagai macam keterangan yang berkaitan dengan geografi. Geograf pertama pada masa itu adalah Thales (640-546 SM). a telah menyibukkan diri dengan berbagai penelitan dan menggali informasi geografi dengan melakukan perjalanan ke berbagai tempat.

Langkah Thales diikuti oleh geograf Yunani lainnya. Sebut saja Herodotus (485-425 SM) yang membuat geografi sekitar wilayah timur tengah, Phytheas yang mengukur jarak matahari ke bumi dan yang paling fenomenal adalah Eratosthenes (276-194 SM) yang mampu menghitung keliling bumi hanya berselisih 1% dari keliling sebenarnya.

Berikut di bawah ini adalah kosep pengertian geografi dari beberapa ahli:

1. Immanuel Kant

Geografi adalah ilmu yang objek studinya adalah benda-benda, hal-hal atau gejala-gejala yanb tersebar dalam wilayah di permukaan Bumi.

2. Alexander von Humboldt

Alexander manyatakan bahwa gegorafi adalah studi tentang pengaruh lingkungan alam terhadap manusia.
3. Karl Ritter

Geografi merupakan suatu telaah Bumi sebagai tempat hidup manusia. Hal-hal yang menjadi objek studi geografi adalah semua fenomena di permukaan Bumi, baik organik maupun anorganik yang berkaitan dengan kehidupan manusia.

4. Friederich Ratzel

Ratzel mengemukakan konsep geografi dalam bukunya yang berjudul Politische Geographie.  Konsep itu diberi nama Lebensraum yang artinya wilayah geografis sebagai sarana bagi organism untuk berkembang. Ia melihat suatu negara cenderung meluaskan Lebensraum-nya sesuai kekuatan yang ia miliki.


5. Elsworth Huntington

Geografi adalah studi tentang fenomena pemukaan Bumi beserta penduduk yang menghuninya. Ia menjelaskan adanya hubungan timbal balik antara gejala dan sifat-sifat permukaan Bumi dengan penduduknya.

6. Paul Vidal de la Blache

Vidal merupakan pelopor teori posibilisme (kemungkinan) yang menyatakan bawah lingkungan menawarkan kemunkinan manusia untuk hidup dan berkembang. Menurutnya, geografi adalah ilmu yang mempelajarai bagaimana proses produksi dilakukan manusia terhadap kemungkinan yang ditawarkan oleh alam.

7. Halford Mackinder

Menurut Mackinder, Geografi adalah ilmu yang fungsi utamanya menyelediki interaksi manusia dalam masyarakat dengan lingkungan yang berbeda menurut lokasinya.

8. Bintaro

Geografi pada dasarnya adalah ilmu pengetahuan yang menceritakan, menerangkan sifat-sifat Bumi, menganalisis gejala-gejala alam dan penduduk, serta mempelajari corak yang khas tentang kehidupan dari unsur-unsur Bumi.

9. Daldjoeni

Geografi merupakan ilmu pengetahuan yang mengajarkan manusia mencakup tiga hal pokok, yaitu spasial (ruang), ekologi, dan region (wilayah). Dalam hal spasial, geografi mempelajari persebaran gejala baik yang alami maupun manusiawai di muka Bumi. Kemudian halam hal ekologi, geografi mempelajari bagaimana manusia harus mampu beradaptasi dengan lingkungannya. Adapun dalam hal region, geografi memplejari wilayah sebagai tempat tinggal manusia berdasarkan kesatuan fisiografinya.

Semoga artikel tersebut di atas tentang Pengertian Lengkap Gegorafi bisa bermanfaat bagi sobat sekalian. Dan apa bila ada dari sobat yang menemukan kesalahan baik berupa penulisan maupun pembahasan, mohon kiranya kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan bersama.  Terima kasih



  1. Objek material dalam studi geografi mencakup fenomena...

a.       Geosfer

b.       Biosfer

c.        Antroposfer

d.       Pedosfer

e.        Hidrosfer
Pembahasan:

Objek studi geografi terbagai menjadi 2 yaitu objek material dan objek formal.

1. Objek material meliputi segala sesuatu yang berada di bumi baik benda hidup maupun benda mati dan lingkungannya. Objek material ini dapat dinamakan fenomena geosfer yang mencakup:

  1. Atmosfer, yaitu lapisan udara yang menyelimuti permukaan bumi dari Troposfer hingga Eksosfer.

  2. Lithosfer, yaitu lapisan batuan penyusun kulit bumi.

  3. Hidrosfer, yaitu lapisan air yang meliputi perairan darat dan lautan.

  4. Pedosfer, yaitu lapisan tanah yang merupakan hasil pelapukan dari batuan.

  5. Biosfer, yaitu lapisan yang meliputi kesatuan sistem antara hewan, tumbuhan dan manusia.

  6. Antroposfer, yaitu lapisan yang menitikberatkan kepada manusia serta aktivitasnya di permukaan bumi.

2. Objek formal adalah sudut pandang dan cara berpikir (pendekatan) terhadap gejala material di muka bumi, baik yang sifatnya fisik maupun sosial yang dilihat dari sudut pandang keruangan (spasial). Objek formal inilah yang membedakan geografi dengan ilmu yang lainnya. Pendekatan geografi terdiri atas pendekatan keruangan, ekologi dan regional. Dalam geografi selalu ditanyakan mengenai dimana gejala itu terjadi dan mengapa gejala tersebut terjadi. Ketiga pendekatan tersebut diharapkan “mampu” menjawab persoalan seputar fenomena yang terjadi di permukaan bumi. Pertanyaan-pertanyaan tersebut adalah 5 W + 1 H

  1. What?

  2. Where?

  3. When?

  4. Why?

  5. How?

  6. Who?



  1. Lempeng bumi yang relatif besar adalah...

a.       Lempeng Eurasia

b.       Lmpeng India

c.        Lempeng Afrika

d.       Lempeng Pasifik

e.        Lempeng Australia
Pembahasan:

Peta lempeng-lempeng tektonik 
Lempeng-lempeng tektonik utama yaitu: 
Lempeng Afrika, meliputi Afrika - Lempeng benua 

Lempeng Antarktika, meliputi Antarktika - Lempeng benua 

Lempeng Australia, meliputi Australia (tergabung dengan Lempeng India antara 50 sampai 55 juta tahun yang lalu)- Lempeng benua 

Lempeng Eurasia, meliputi Asia dan Eropa - Lempeng benua 

Lempeng Amerika Utara, meliputi Amerika Utara dan Siberia timur laut - Lempeng benua 

Lempeng Amerika Selatan, meliputi Amerika Selatan - Lempeng benua 

Lempeng Pasifik, meliputi Samudera Pasifik - Lempeng samudera 



  1.  Lapisan bumi yang paling atas disebut...

a.       Inti bumi

b.       Kerak bumi

c.        Barisfer

d.       Inti dalam

e.        Mantel bumi

  

Pembahasan:

Litosfer adalah kulit terluar dari planet berbatu. Litosfer berasal dari kata Yunani, lithos (λίθος) yang berarti berbatu, dan sphere (σφαῖρα) yang berarti padat. Litosfer berasal dari kata lithos artinya batuan, dan sphere artinya lapisan. Secara harfiah litosfer adalah lapisan Bumi yang paling luar atau biasa disebut dengan kulit Bumi. Pada lapisan ini pada umumnya terjadi dari senyawa kimia yang kaya akan Si02, itulah sebabnya lapisan litosfer sering dinamakan lapisan silikat dan memiliki ketebalan rata-rata 30 km yang terdiri atas dua bagian, yaitu Litosfer atas (merupakan daratan dengan kira-kira 35% atau 1/3 bagian) dan Litosfer bawah (merupakan lautan dengan kira-kira 65% atau 2/3 bagian).

Litosfer Bumi meliputi kerak dan bagian teratas dari mantel Bumi yang mengakibatkan kerasnya lapisan terluar dari planet Bumi. Litosfer ditopang oleh astenosfer, yang merupakan bagian yang lebih lemah, lebih panas, dan lebih dalam dari mantel. Batas antara litosfer dan astenosfer dibedakan dalam hal responnya terhadap tegangan: litosfer tetap padat dalam jangka waktu geologis yang relatif lama dan berubah secara elastis karena retakan-retakan, sednagkan astenosfer berubah seperti cairan kental.



  1. Indonesia berada diantara dua samudera dan dua benua. Hal ini merupakan konsep esensial geografi. Yaitu konsep lokasi...

a.       Absolut

b.       Relatif

c.        Geologis

d.       Keruangan

e.        Kewilayahan
Pembahasan:

Lokasi adalah letak atau tempat dimana fenomena geografi terjadi. Konsep lokasi dibagi menjadi dua yaitu lokasi absolut dan lokasi relatif.

a. Lokasi Absolut

Lokasi absolut adalah letak atau tempat yang dilihat dari garis lintang dan garis garis bujur (garis astronomis). Lokasi absolut keadaannya tetap dan tidak dapat berpindah letaknya karena berpedoman pada garis astronomis bumi. Pebedaan garis astronomis menyebabkan perbedaan iklim (garis lintang) dan perbedaan waktu (garis bujur).

Contoh Lokasi Absolut yaitu Indonesia terletak di antara 6 derajat LU - 11 derajat LS sampai 95 derajat BT - 141 derajat BT. Dari letak absolut (garis astronomis) tersebut dapat dijelaskan bahwa lokasi paling Utara negara Indonesia terletak di 6 derajat LU (Pulau Miangas, Sulawesi Utara), lokasi paling selatan terletak di 11 derajat LS (Pulau Rote, NTT), dst.


  1. Gejala geografi dalam kehidupan sehari-hari yang  membantu para nelayan tradisional adalah...

a.       Awan

b.       Angin

c.        Kabut

d.       Gempa bumi

e.        Vulkanisme
Pembahasan:

Angin Darat dan Angin Laut adalah angin yang bergerak dalam daerah darat dan laut. Angin Laut adalah jenis angin yang bergerak dari lautan ke daratan, sebaliknya pada malam hari, dataran lebih dingin daripada lautan.[1] Saat itu udara bergerak dari daratan ke lautan, peristiwa ini disebut Angin darat.[1]

Adanya angin darat dan angin laut ini menyebabkan perubahan garis pantai.[1] Air laut atau ombak yang dihasilkan angin lama kelamaan akan mengikis pasir atau batuan pantai.[1] Air laut membawa pasir atau serpihan batu ke laut.[1] Akibatnya, garis pantai mengalami perubahan.[1]


  1.  Hal yang membedakan antara geografi dengan disiplin ilmu lainnya adalah...

a.       Aspek fisik

b.       Aspek alam

c.        Objek formal

d.       Ruang lingkup

e.        Objek material
Pembahasan:

Pendekatan Geografi. Geografi merupakan pengetahuan yang mempelajarai fenomena geosfer dengan menggunakan pendekatan keruangan, kelingkungan, dan kompleks wilayah. Berdasarkan definisi geografi tersebut ada dua hal penting yang perlu dipahami, yaitu:

  1. obyek studi geografi (Obyek studi geografi adalah fenomena geosfere yang meliputi litosfere, hidrosfera, biosfera, atmosfera, dan antrophosfera), dan

  2. pendekatan geografi

Mendasarkan pada obyek material ini, geografi belum dapat menunjukan jati dirinya. Sebab, disiplin ilmu lain juga memiliki obyek yang sama. Perbedaan geografi dengan disiplin ilmu lain terletak pada pendekatannya. Sejalan dengan hal itu Hagget (1983) mengemukakan tiga pendekatan, yaitu:

  1. pendekatan keruangan,

  2. pendekatan kelingkungan, dan

  3. pendekatan kompleks wilayah



  1.  Lapisan inti bumi tersusun dari...

a.       Lapisan sima

b.       Lapisan sial

c.        Antenosfer

d.       Lapisan mantel

e.        Nikel dan ferum


  1.  Pantai timur pulau sumatera dan pantai utara pulau jawa merupakan daerah dataran rendah. Konsep dari pernyataan tersebut adalah...

a.       Konsep keruangan

b.       Konsep keterjangkauan

c.        Konsep aglomerasi

d.       Konsep morfologi

e.        Konsep lokasi


  1.  Fenomena geosfer yang berkaitan dengan pasang surut air laut adalah...

a.       Biosfer

b.       Antroposfer

c.        Litosfer

d.       Hidrosfer

e.        Atmosfer


  1.  Untuk menjawab pertanyaan where dalam menganalisis objek formal, pendekatan yang digunakan adalah...

a.       Pendekatan geografi

b.       Pendekatan ekologi

c.        Pendekatan keruangan

d.       Pendekatan kewilayahan

e.        Pendekatan korologi


  1.  Cabang ilmu geografi yang mempelajari suatu wilayah tertentu secara khusus adalah...

a.       Antropologi

b.       Biogeografi

c.        Geografi politik

d.       Geografi historis

e.        Geografi regional


  1.  Susunan bahan penyusun bumi secara berurutan mulai dari lapisan bumi yang paling atas sampai lapisan bumi terdalam yaitu...

a.       Silisium magnesium – silisium alumunium – logam sulfida – inti bumi (besi & nikel)

b.       Silisium magnesium – silisium alumunium – inti bumi (besi & nikel) – logam sulfida

c.        Silisium alumunium – Silisium magnesium – logam sulfida - inti bumi (besi & nikel)

d.       Silisium magnesium – silisium alumunium – logam sulfida – inti bumi (besi & nikel)

e.        Logam sulfida – Silisium magnesium – silisium alumunium – inti bumi (besi & nikel)


  1.  Ilmu penunjang geografi dalam menkaji kependudukan adalah...

a.       Demografi

b.       Biosfer

c.        Geologi

d.       Kartografi

e.        Oceanografi


  1. Di bawah ini merupakan gejala-gejala geografi dalam kehidupan sehari-hari, kecuali….

a.       Pergantian cuaca

b.       Gelombang laut

c.        Satelit komunikasi yang mengelilingi bumi

d.       Aktivitas magma

e.        Banjir yang terjadi dimusim hujan


  1. Contoh objek geografi yang berhubungan dengan litosfer adalah...

a.       Gelombang dan arus laut

b.       Curah hujan

c.        Tanah longsor

d.       Cuaca

e.        Pasang surut


  1. Pegunungan yang terjadi karena konvergensi lempeng India dan Eurasia adalah pegunungan...

a.       Himalaya

b.       Alpen

c.        Jayawijaya

d.       Ural

e.        Rocky


  1.  Lapisan bumi yang terdapat barang-barang tambang adalah...

a.       Lapisan litosfer

b.       Lapisan mesosfer

c.        Lapisan barisfer

d.       Lapisan inti dalam

e.        Lapisan inti luar


  1.  Era tertua dalam pembentukan bumi adalah...

a.       Arkeozikum

b.       Neozoikum

c.        Mesozoikum

d.       Paleozoikum

e.        Pra-Kambrium


  1. Alfred Wegener dalam teorinya, mengatakan bahwa pada awalnya dibumi hanya ada satu benua yang sangat besar disebut...

a.       Pangea

b.       Gondwana

c.        Grenn land

d.       Amerika

e.        Eurasia


  1. Dinosaurus mencapai jumlah besar terjadi pada periode...

a.       Trias

b.       Kreta

c.        Devon

d.       Jura

e.        Silur

  1.  Teori yang menyatakan bahwa, bumi mengalami penyusutan dan pengerutan sehingga terbentuk pegunungan adalah...

a.       Teori kontraksi

b.       Teori pasang surut

c.        Teori apungan benua

d.       Teori bintang kembar

e.        Teori nebula


  1.  Benda langit yang merupakan pengikut planet, terbentuk secara alami adalah...

a.       Komet

b.       Galaksi

c.        Meteor

d.       Asteroid

e.        Satelit


  1.  Planet yang memiliki suhu yang paling panas adalah...

a.       Merkurius

b.       Venus

c.        Mars

d.       Jupiter

e.        Neptunus


  1. Barisfer disebut juga...

a.       Inti bumi

b.       Mantel bumi

c.        Kulit bumi

d.       Selimut bumi

e.        Kerak bumi


  1.  Benua Laurasia dan Gondwana dipisahkan oleh...

a.       Palung gondwana

b.       Laut mati

c.        Laut tethis

d.       Basin samudra

e.        Palung mariana


  1.  Zone lempeng dimana dua lempeng saling menjauh disebut...

a.       Divergen

b.       Konvergen

c.        Patahan

d.       Lipatan

e.        Sesar


  1.  Zone lempeng dimana dua lempeng saling menjauh disebut...

a.       Divergen

b.       Patahan

c.        Konvergen

d.       Lipatann

e.        Sesar


  1.  Planet yang memiliki satelit terbanyak adalah...

a.       Bumi

b.       Saturnus

c.        Uranus

d.       Neptunus

e.        Jupiter


  1. Teori yang menyatakan bahwa alam semesta terus menerus dalam keadaaan tetap tidak berawal dan tidak berakhir...

a.       Teori pemuaian

b.       Teori ledakan besar

c.        Teori keadaan tetap

d.       Teori nebula

e.        Teori bintang kembar


  1.  Matahari termasuk kedalam galaksi...

a.       Ekliptika

b.       Andromeda

c.        Bimasakti

d.       Aurora

e.        Spiral


  1. Massa gas yang berputar-putar perlahan dan bercahaya dalam pembentukan tata surya merupakan teori...

a.       Kabut

b.       Pasang surut

c.        Planetasimal

d.       Awan debu

e.        Nebula


  1. Salah satu cabang ilmu geografi yang mempelajari tentang asal usul terjadinya bumi, struktur, komposisi dan sejarahnya adalah...

a.       Klimatologi

b.       Demografi

c.        Hidrologi

d.       Geologi

e.        Biogeografi


  1.  Satelit beredar mengelilingi...

a.       Bumi

b.       Planet

c.        Matahari

d.       Bintang

e.        Venus


  1.  Sumber cahaya dari bintang berasal dari...

a.       Satelit planet

b.       Matahari

c.        Meteor yang jatuh

d.       Komet

e.        Cahayanya sendiri


  1.  Planet merah merupakan sebutan untuk planet...

a.       Merkurius

b.       Venus

c.        Bumi

d.       Mars

e.        Jupiter


  1.  Perputaran bumi pada porosnya dengan arah dari barat ketimur disebut...

a.       Rotasi bumi

b.       Revolusi bumi

c.        Presisi bumi

d.       Gerak semu bumi

e.        Gerak semu planet


  1.  Anggapan yang menyatakan bahwa bumi adalah sebagai pusat peredaran dinamakan...

a.       Antariksa

b.       Antroposentris

c.        Antropologi

d.       Geosentris

e.        Heliosentris


  1.  Dibawah ini yang merupakan bukan anggota tata surya adalah...

a.       Planet

b.       Matahari

c.        Komet

d.       Asteroid

e.        Rasi


  1.  Anggapan dalan teori heliosentris yang menjadi pusat peredaran adalah...

a.       Komet

b.       Bumi

c.        Matahari

d.       Bulan

e.        Sateli

II.        URAIAN
46.    Sebutkan 4 prinsip geografi dan berikan penjelasan singkat...

47.    Apakah yang dimaksud dengan antroposfer, biosfer, atmosfer dan hidrosfer...

48.    Sebutkan bukti bahwa benua di dunia sekarang dahulunya satu...

49.    Bagaimanakan terjadinya tata surya menurut teori bintang kembar...

50.    Sebutkan 5 anggota tata surya dan jelaskan...

Share ing jaringan sosial


Similar:

Soal latihan uas ips semester I kelas 8

Latihan Soal Kls VIII semester Gasal 2014

Soal latihan bab I semester II

Soal latihan ips kelas VII

Soal latihan ujian sekolah smp kelas 9

Soal ulangan tengah semester I geografi

Mata Pelajaran : Geografi Kelas/Semester : xi/1

Mata Pelajaran : Geografi Kelas/Semester : X/1

Kisi kisi penulisan soal ulangan akhir semester ( uas )

Latihan Soal -soal Ujian Sekolah ipa

Astronomi


Nalika Nyalin materi nyedhiyani link © 2000-2017
kontak
a.kabeh-ngerti.com
.. Home